4.12.07

Nikmatnyaa duduk di kursi Sutradara..

Siapa bilang Desain itu jelek? Setelah nyaris 4 bulan menjadi mahasiswi desain grafis di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Saya merasakan kejenuhan di tekan dari berbagai pihak (berlebihan.red). maaf buat temen- temen desain yang lain, ini cuman menurut pandangan gue aja lho. Ya, setelah 4 bulan saya mencicipi bangku kuliah desain graphis dengan nirmana 2d dan 3d-nyah, juga sedotankeparatbangsatjahanam, pohon taman lansia, dan gradasi hitam-putih. Kini saya memutuskan hengkang dari dunia desain. GRAPHICDESIGN.
Wah.. kenapa nne? Bukannya lu dulu punya obsesi yang kuat buat masuk desain.
(pasti banyak yang nanya gini..) geer banget sih gue.
Tenang. Saya punya alasannya kok..
Begini kira- kira:
1. Faktor keluarga, seperti yang kalian tau.. Papa saya tercinta yang lulusan Tek. Elektro ITB itu tidak pernah mendukung saya untuk mencicipi sejumput ilmu seni. Beliau masih bersikuku dengan pendapatnya yang sangat- sangat konservatif tentang seni, apalagi desain. Maka dari itu, saya dipaksa untuk belajar lagi dengan tujuan mengulang di tahun depan dengan fakultas yang bermanfaat bagi kerja sistem saraf otak gue.
2. Faktor orang tua ayangku tersayang, mama Emy n pak dokter kandungan. Well, ampe saat ini setiap saya main ke rumahnya keluarga pacar saya yang berada di sebuah komplek yang cukup terkenal di Palembang sana, saya merasa minder. Tadinya saya berusaha mempertahankan pendapat saya tentang pilihan kuliah saya di desain grafis ini. Namun, setelah beliau(mama Emy.red) menasihati saya, Hmmmff.. jadi mikir lagi.. Jangan- jangan papa sama mama di rumah bener juga. Tapi, sudahlah.. lewat begitu saja.
3. Faktor lingkungan belajar di kampus ter*****, ITENAS-DKV2007. Akhirnya.. saya sebutkan juga nama institusi ini. Ya, saya yang terdaftar sebagai mahasiswi di fakultas jahanam ini merasa sangat kecewa sekali. Tadinya saya semangat meniti ilmu di sini, namun 4bulan belakangan ini.. semua semangat saya mulai luntur seiring dengan teman- teman dan dosen- dosen saya yang membuat saya memikirkan kembali semua nasihat orang- orang yang pernah menasihati saya. Mereka(teman- teman dan dosen- dosen.red) mulai menunjukkan tabiat tullen mereka. Mulai dari tuker- tukeran rokok sama dosen di kelas, cewe- cewe yang ‘jual’an tali bh, belahan pantat(maaf.red), sampai belahan dada. Sementara yang cowonya.. asyik aja menikmati semua pemandangan yang bisa meningkatkan imajinasi mereka itu. Belum lagi ibu- ibu asdos yang mulai memutih rambutnya masih saja mengincar daun muda. Ini sangat- sangat menghambat proses pembelajaran lho.. Serius dhe.! Tapi ini bukan menjadi faktor utama, cuman membantu pemikiran saya dalam menentukan keputusan.
4. Faktor RAHMAT AL KAUSAR, pacar saya yang terakhir ini.. Menyarankan pada saya untuk mencoba lagi tahun depan. Sepertinya karena dia sering ngobrol- ngobrol ma papa saya, jadilah dia sependapat dengan si papa. “yaa.. kalo kata aq sih,yang.. mending nyobain lagi tahun depan. Bener juga kata papa kamu. Sebenernya kamu bisa belajar sendiri kok tentang begitu begituan. Ya.. bisalah yang begituan kamu jadiin hobi. Menurut aq ga perlu ampe sekolah khusus gitu. Sayang sistem saraf otak kamu, 12tahun dipake ngitung, ngapalin rumus,dsb.. tiba- tiba dilumpuhkan dalam waktu 4tahun. Iya,kan?”
Hmmff.. iya juga saya pikir.

Cukuplah 4 faktor diatas membuat saya mengambil keputusan mengundurkan diri dari institusi itu. Tapi saya tetap mengikuti materi 1tahun ini kok.. yaa.. gpplah, rugi setaun. Yang penting saya sudah pernah mencicipi ruang kelas desain dan studio video.
HmmmF..
Nikmatnya duduk di kursi sutradara itu. Cobalah..

Tidak ada komentar: